Preprint / Version 1

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DI SMPN 5 KODI

##article.authors##

  • KATARINA MONE

Abstract

Permasalahanpendidikanselalumunculbersamaandenganberkembangdanmeningkatnyakemampuansiswa, situasi dan kondisilingkungan yang ada, pengaruhinformasidankebudayaansertaberkembangnyailmupengetahuandanteknologi.Kondisi di lapangansaatinimenunjukkanbahwamasihdiberlakukannyaproses pengajaran yang berpusat pada gurudi SMPN 5 KODI, cara pendekatan konvensional yang tidak efektif danmenimbulkan pada kejenuhan siswa di dalam kelas. Menghadapisituasiini guru perluuntukmelakukanpembaharuanmenyangkutcaramengajarnya. Guru berada pada titiksentraluntukmengatur,mengarahkandanmenciptakansuasanakegiatanbelajar-mengajar yang dapat merangsang minat, motivasi dan prestasi belajar siswa. Untuk ituguru dituntut untuk lebih profesional, inovatif, dan proaktif dalam melaksanakan tugaspembelajarannya. Begitu pula dalam pelajaran agama Katolik, guru agama perlu terus-menerus berupaya untuk secara kreatif mencetuskan ide-ide dan cara-cara baru dalampembelajarannya. Sehingga pencapaian kompetensi pendidikan agama Katolik dalamhalinipenanamannilai-nilaiajarankekatolikandapattercapai.

Additional Files

Posted

05-08-2024