Preprint / Version 1

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA-SISWI KELAS IX SMP NEGERI URUMB MERAUKE TAHUN PELAJARAN 2015/2016

##article.authors##

  • EPIFIANUS FAOT Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke

Keywords:

Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Motivasi belajar merupakan kebutuhan dalam belajar yang sangat penting dan
tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan belajar dengan memberikan arah kegiatan
belajar itu demi mencapai satu tujuan. Motivasi belajar ada yang berasal dari diri
siswa yang disebut dengan motivasi intrinsik, ada juga yang berasal dari luar diri
siswa atau motivasi ekstrinsik yang mana munculnya dibutuhkan rangsangan dari
luar. Melalui adan yausaha yang tekun, terutama didasari adanya motivasi maka
seseorang yang belajar itu akan mencapai prestasi belajar yang diharapkan.
Prestasi belajar adalah suatu hasil yang dicapai atau diperoleh dari suatu proses
belajar mengajar dalam mencapai tujuan belajar. Prestasi belajar merupakan
gambaran tentang kemampuan siswa dalam memahami isi pelajaran yang
biasanya dilambangkan dengan skor atau nilai. Berdasarkan paparan diatas, maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana
motivasi belajar siswa-siswi SMP, bagaimana gambaran prestasi belajar SMP
Negeri Urumb Merauke, bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan
prestasi belajar SMP Negeri Urumb Merauke. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi
belajar siswa-siswi SMP Negeri Urumb Merauke, dan untuk mengetahui prestasi
belajar siswa-siswi SMP Negeri Urumb Merauke dan untuk mengetahui hubungan
antara motivasi belajar dan prestasi belajar SMP NegeriUrumb Merauke.
Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan beberapa metode antara lain
observasi, studi dokumentasi dan penyebaran angket berskala tertutup dengan
jumlah populasi 31 orang dan seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel
penelitian. Setelah data diperoleh maka penulis menganalisanya dengan dua
teknik analisa yaitu pertama menggunakan analisa prosentase untuk jenis data
kuantitatif deskriptif. Kemudian yang kedua penulis menggunakan analisa
korelasi dengan rumus Product Moment dari Pearson. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau
korelasi signifikan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai R= 43,9 yang ditunjukkan bahwa besarnya hubungan
antara variable bebas dan variable terikat dengan F hitung dan F tabel yang berarti
bahwa T hitung lebih besar dari F table dengan nilai sig F= 0,014 < 0,05. Keeratan
hubungan antara variabel x dengan variabel y adalah 43,9% dengan tingkat
hubungan dalam taraf sedang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara
motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa-siswi SMP Negeri Urumb Merauke.
Oleh karena itu disarankan kepada SMP Negeri Urumb Merauke untuk
mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar para
siswa.

Additional Files

Posted

14-05-2024

Categories