STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TINGGAL DI RUMAH ORANG TUA PADA SISWA DI SMK NEGERI I SOTA KABUPATEN MERAUKE
Keywords:
Hasil belajar, asrama,, rumah orangtua, pola asuh, pembinaanAbstract
Studi Komparasi Prestasi Belajar Peserta Didik Yang Tinggal Di Asramadan Di Rumah Orang Tuapada SMK Negeri I Sota Kabupaten Merauke Tahun Ajaran 2015/2016.Tujuan dari pokok penelitian ini adalah untuk membandingkan prestasi belajar pesertadidik yang tinggal di asrama dan di rumah orang tua. Asrama yang dimaksud kandalam penelitian ini adalah rumah atau tempat pemondokan yang sengaja disiapkan sebagai tempat tinggal pesertadidik yang diselenggarakan dalam rangka menerapkan system pendidikan yang berpola asrama. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian di laksanakan di SMK Negeri I Sota Kabupaten Merauke. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMK Negeri I Sota yang berada pada tahun ajaran 2015/2016 yang brjumlah 106 orang. Besarnya sampel penelitian ditetapkan sekitar 50% dari populasi atau 106 orang. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik random sampling atau sampelacak.
Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah analisis statistik. Teknik yang digunakanadalah statistik uji-t atau t-test yang digunakan untuk menguji perbedaan 2 meanantara prestasi belajar pesertadidik yang tinggal di asrama dan di rumah orang tua. Hasil temuan dari penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi belajar pesertadidik yang tinggal di asramadan di rumah orang tua. Pesertadidik yang tinggal diasrama prestasi belajarnya lebih baik dari pesertadidik yang tinggal di rumah orang tua. Mengacu pada hasil penelitian, maka kepada pengolaan srama agar perlu memperhatikan secara khusus pesertadidik yang memiliki prestasi belajar yang baik sehingga hasil yang diraih dapat ditingkatkan lagi.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Nikolaus Noang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License