PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA TEMA I PRIBADI SISWA DAN LINGKUNGANYA DI KELAS V SD INPRES JAGEBOB VIII
Keywords:
group investigation, hasil belajar, pribadi siswa, Pendidikan agamaAbstract
Penelitian ini didasarkan pada keyakinan peneliti secara teoritis bahwa pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) mampu meningkatkan hasil belajar siswa atau dari ketiga aspek penilaian yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Berdasarkan latar belakang keyakinan teoritis inilah, peneliti mengambil judul skripsi tentang “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dengan Menggunakan Metode Group Investigation pada Tema I Pribadi Siswa dan Lingkunganya di Kelas V SD Inpres Jagebob VIII”. Terkait keyakinan secara teoritis di atas, masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Jagebob VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik? 2) Apakah penggunaan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik bagi siswa kelas V SD Inpres Jagebob VIII? 3) Sejauh mana efektivitas penggunaan metode group investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik bagi siswa kelas V SD Inpres Jagebob VIII? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas V SD Inpres Jagebob VIII yang berjumlah 10 siswa. PTK dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dari bulan Juli hingga bulan Agustus 2015. Hasil PTK menununjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation), hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil tersebut tampak dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam KD 1 pra-siklus, siklus I, dan siklus II secara berurutan adalah sebagai berikut: 58,5, 66,1 dan 83. Sementara itu, prosentase siswa yang mencapai nilai KKM untuk ketiga periode tersebut adalah sebagai berikut: 20%, 30%, dan 100%. Berdasarkan data-data tersebut di atas dan hasil kajian secara teoritis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata endidika Pendidikan Agama Katolik bagi siswa kelas V SD Inpres Jagebob VIII.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 YOSEP JODIM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License