Preprint / Version 1

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAK DENGAN METODE NARATIF EKSPERENSIAL MATERI POKOK DAUD BERDOSA DAN RAJA SALOMO YANG BIJAKSANA PADA KELAS V SDN ILUGA KABUPATEN MAMBERAMO TENGAH

##article.authors##

  • Pilatus Mabel Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke

Abstract

indakan peneliti dalam proses pembelajaran dengan metode naratif eksperensial memperoleh skor 59 (54%) dengan kategori sedang pada siklus I dan meningkat skornya menjadi 77 (70%) dengan kategori baik pada siklus II. Hal ini diakui karena guru sebagai peneliti meningkat penguasaannya terhadap metode naratif eksperensial yang diterapkan. 2. Hasil belajar siswa meningkat 43% yaitu dari 8 (57%) siswa yang memperoleh nilai 65 atau lebih pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 14 (100%) siswa memperoleh nilai 65 atau lebih, sesuai dengan KKM yang ditetapkan sekolah.
3. Hasil pengamatan terhadap tingkat keaktifan siswa juga mengalami peningkatan cukup tinggi dari 17,8% atau 2 sampai 3 siswa yang aktif dengan kualitas sangat kurang aktif pada siklus I, meningkat menjadi 45% atau 5 sampai 6 siswa yang aktif dengan kategori cukup aktif pada siklus II. Berdasarkan perolehan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa seperti dideskripsikan di atas, peneliti bersama observer sepakat bahwa peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa tersebut disebabkan siswa terbantu dalam memahami materi dan dapat aktif dalam proses pembelajaran karena metode naratif eksperensial yang diterapkan. Peneliti dan observer sepakat bahwa metode naratif eksperensial dapat 64 meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar pada pelajaran Agama Katolik kelas V SD Negeri Iluga Kabupaten Mamberamo Tengah dalam pembahasan kompetensi dasar memahami karya keselamatan Allah melalui keagungan dan keruntuhan kerajaan Israel, dengan materi pokok yang akan dibahas adalah “Daud Berdosa” dan “Raja Salomo yang Bijaksana”

Additional Files

Posted

16-05-2024

Categories