MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS III SDK TUENG TAUN 2020
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDK TUENG
padaMata Pelajaran PAK dan Budi Pekerti. Berdasarkan hasil kegiatan siklus 1 , dari 18
siswa, hanya 10 siswa yang tuntas pada mata pelajaranPAK Dan Budi Pkerti. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode bercerita
pada lpembelajaran PAK Dan Budi Pekerti untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa
kelas III SDK Tueng. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah
model kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDK Tueng yang
terdiri dari 18 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara,
tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan meode bercerita
dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus
I yaitu 72,52, dan meningkat menjadi 80,83 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi
aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,8, dan meningkat menjadi 72,55 pada siklus II. 2)
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa mata pelajaran PAK
Dan Budi Pekerti pada siklus 1 yaitu 68,8 dengan porsentase 55.5 %, dan meningkat menjadi
83%, dengan prosentase 83% pada siklus II.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Wihelmina Kurni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License