Preprint / Version 1

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA PAK DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 WELAK

##article.authors##

  • Bonefasius Garung

Abstract

Perubahan yang permanen atau sementara dalam perilaku atau potensi perilaku merupakan hasil dari pengalaman dan latihan yang diperoleh dari kemauan untuk belajar. Belajar merupakan proses penting dalam meningkatkan keberhasilan peserta didik. Hasil belajar yang diharapkan baik oleh guru maupun orang tua adalah terjadinya peningkatan seluruh potensi peserta didik, seperti kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai hasil yang baik maka diperlukan latihan terhadap seluruh potensi atau kemampuan yang dimiliki peserta didik. Lebih dari itu partisipasi aktif dari peserta didik sangat diharapkan karena guru hanya berperan sebagai mediator, moderator, fasilitator dan organisator.

Additional Files

Posted

03-08-2024