Preprint / Version 1

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LABUAN BAJO 2 KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN PELAJARAN 2020 /2021

##article.authors##

  • Katarina Ignasia Kape

Abstract

Laporan Penelitian Tindakan Kelas masalah didalam penelitian dirumuskan sebagai ”Apakah penerapan Pembelajaran Kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Katolik pada siswa kelas IV SDN Labuan Bajo 2 , Tahun ajaran 2020/2021 ?”
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Katolik pada siswa kelas IV SDN Labuan Bajo 2 Tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan langkah-langkah menyusun rencana dan mengadakan refleksi. Teknik sampling penelitian ini adalah studi populasi dengan alasan bahwa semua populasi yang ada dijadikan sample tanpa menyeleksi infomasi, sebagai sample adalah siswa kelas IV SDN Labuan Bajo 2 yang berjumlah 20 anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STAD hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan Antara siklus I dan II,perkembangan pada siklus ini begitu menggembirakan baik dalam evaluasi maupun dari hasil pengamatan terbukti untuk rata-rata prestasi kelas hasil evaluasi dari 63 menjadi 70 sedangkan dari hasil pengamatan rata-rata dari 62 menjadi 69 ( afektif ) dan dari 63,5 menjadi 69 (psikomotor) sedangkan aspek –aspek penampilan guru dari 77,8 % cukup menjadi 89,8 % baik , dari 25% siswa yang tuntas belajar menjadi 75%. Meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Katolik dalam penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan ke aktifan pembelajaran Pendidikan Agama Katholik pada siswa kelas IV SDN Labuan Bajo 2 tahun 2020/2021.

Additional Files

Posted

03-08-2024