IMPLEMENTASI TOLERANSI BERAGAMA DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KHATOLIK DI SMAN 4 BORONG
Abstract
Toleransi adalah sebuah sikap tenggang rasa, menghargai antar sesama manusia tanpa membedakan golongan, entah itu ras, suku, agama, dan budaya. Toleransi beragama sangat diharapkan terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sikap toleransi ini harus dimiliki oleh generasi penerus bangsa, yakni siswa di sekolah. Namun kenyataan menunjukan bahwa sering terjadi intoleransi dalam kehidupan bersama. Hal ini disebabkan karena kurangnya sikap saling menghargai, kurangnya saling menghormati, kurangnya sharing dan dialog terhadap setiap persoalan yang terjadi. Dalam pembelajaran Agama Khatolik di Sekolah Menengah Atas ditawarkan satu metode yakni Contextual Teaching and Learning. Metode ini menghubungkan materi yang diajarkan di sekolah dengan persoalan yang terjadi, sehingga perilaku intoleransi dapat dihindarkan.
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Mekhthildis Ndundet

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License