Preprint / Version 1

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SABDA BAHAGIA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENERAPKAN METODE LECTIO DIVINA DI SMP NEGERI 1 BAJAWA UTARA KABUPATEN NGADA

##article.authors##

  • Imelda Uze Kau

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sabda Bahagia melalui Pembelajaran Langsung dengan Menerapkan Metode Lectio Divina (Penelitian Tindakan Kelas) Karya Tulis Ilmiah: SMP Negeri 1 Bajawa utara
Upaya meningkatkan mutu hasil belajar baik pegetahuan, keterampilan dan sikap merupakan fokus penelitian. Usaha mengatasi hal tersebut adalah mencoba menerapkan metode Lectio Divina dalam pembelajaran langsung. Lectio divina merupakan salah satu cara membaca Kitab Suci secara sistematis yang paling sederhana dan paling dalam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh metode lectio divina terhadap keterlibatan aktif peserta didik dengan baik; (2) ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Sabda Bahagia menggunakan metode lectio divina pada kelas VII-3 Tahun Pelajaran 2020/2021; dan (3) mengetahui apakah langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode lectio divina dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Bajawa Utara.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar aktivitas peserta didik (LAPD) dan tes. Teknis analisis data menggunakan teknis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif penerapan metode lectio divina terhadap keterlibatan aktif peserta didik; (2) adanya perubahan hasil belajar dari 16 peserta didik yang ditunjukkan dengan kenaikan nilai rata-rata sebesar 14,17 poin dari 73,33 pada pra siklus menjadi 87,50 di siklus II; dan (3) sesuai data hasil ketuntasan yang semula hanya 9 orang (56,25%) meningkat menjadi 15 orang (93,75%) setelah perlakuan siklus menunjukkan bahwa metode Lectio Divina dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Additional Files

Posted

03-08-2024