MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK TENTANG TEMPAT-TEMPAT KHUSUS UNTUK BERDOA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SDK KOLILEREK
Abstract
Karya tulis ini berjudul “ Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Katolik Tentang Tempat-Tempat Khusus Untuk Berdoa Dengan Menggunakan Media Gambar Bagi Siswa Kelas V SDK Kolilerek “.Berhubung ditemukan adanya kurang kesungguhan dan rendahnya penguasaan materi dalam pembelajaran PAK, maka penelitian tindakan kelas ini dilakukan. Masalah ini dirumuskan sebagai berikut : Apakah pembelajaran PAK materi-materi tempat-tempat khusus untuk berdoa, melalui media gambar dapat meningkatkan minat dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya. Tujuan diadakan penelitian kelas ini adalah ingin menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, agar dalamketerbatasan situasi dan kondisi pembelajaran PAK di sekolah swasta, siswa tetap antusias dan penuh ketekunan dalam belajar. Penilaian ini terjadi dalam tiga tahapan, pada pra siklus dari hanya 5 siswa (38%) tuntas dan 8 siswa (62%) belum tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan minimal hampir memenuhi harapan, dan Pada siklus I dari 13 siswa, sudah 11 siswa (85%) tuntas dan 2 siswa (15%) belum tuntas. Hal ini membuktikan bahwa tingkat ketuntasan minimal hampir memenuhi harapan. Pada siklus II jelas dari 13 siswa, 13 siswa (100%) dinyatakan tuntas. Hal ini membuktikan bahwa tingkat ketuntasan sudah mencapai harapan dan dapat disimpulkan bahwa strategi kemampuan berpikir mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDK Kolilerek.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Ernastiana Ngadha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License