Preprint / Version 1

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS 1 SDN KOTA BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

##article.authors##

  • Katarina Kewa

Abstract

Pendidikan di sekolah seyogyanya memberi peluang yang sebesar-besarnya kepada setiap
peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan di sekolah juga harus
menghasilkan Siswa yang memiliki semangat untuk terus belajar seumur hidup (longlife
education), penuh rasa ingin tahu dan keinginan menambah ilmu dan ketrampilan yang berguna
untuk kehidupannya. Salah satu kunci untuk mewujudkan pendidikan yang demikian adalah
adanya motivasi yang tinggi dan terpelihara dalam diri peserta didik. Namun suasana
pembelajaran yang ideal seperti di atas; anak memiliki motivasi belajar yang tinggi dan tetap
terpelihara tidaklah setiap saat dapat kita alami. Kita berharap anak dapat mencapai prestasi secara
optimal, namun yang kita jumpai adalah anak dengan prestasi dan semangat belajar yang rendah.
Masih banyak siswa/siswa yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dalam proses
pembelajaran siswa cendrung bermain dengan teman-temanya sehingga mereka tidak
memperhatikan penjelasan saya di depan kelas.
Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan masalah yang perlu disikapi secara serius
oleh seorang guru dalam proses pendidikan di sekolah. Saya merasa prihatin terhadap
permasalahan tersebut. Upaya meningkatkan motivasi belajar Siswa khususnya dalam pendidikan
Agama Katolik tersebut saya lakukan dengan mengunakan model pembelajraan kooperatif tipe
STAD.

Additional Files

Posted

03-08-2024