UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD YPPK ST. WILLIBRODUS 1 KOTA SORONG
Abstract
Pelajaran Agama katolik yang dipelajari di sekolah sering dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak
menarik. Kondisi siswa saat pembelajaran berlangsung masih cenderung tidak memperhatikan penjelasan
guru, penyebab dari semua itu dikarenakan proses pembelajaran masih terpusat pada guru. Siswa masih
pasif dan tidak ada keberanian dalam berpendapat. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa,
guru dituntut berperan aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan dalam menyampaikan materi saat
pembelajaran serta pemilihan evaluasi yang tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, sehingga
dapat meningkatkan minat belajar agama siswanya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan atau observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 1
SD. yang berjumlah 18 siswa. Siswa yang dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat nilai sama dengan
atau lebih 75 dan ketuntasan klasikal mencapai 85% dari jumlah siswa yang ada di kelas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran koperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar
pelajaran agama siswa kelas 1. Melalui analisis data diperoleh bahwa hasil belajar sejarah siswa kelas 1
sekolah Dasar (SD) sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 73,3 dengan persentase ketuntasan klasikal
66,6% Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 79,7 dengan persentase
ketuntasan klasikal 83,3%. Jadi ada peningkatan nilai.Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata meningkat
menjadi 81,3 Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II menjadi 94,4%. Berdasarkan observasi,
penelitian, pembahasan serta analisis data yang akan diuraikan pada skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa
pelajaran agama dengan model pembelajaran koperatiftipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas 1 sekolah dasar (SD) Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru dapat
menggunakan model pembelajaran Koperatif tipe Scramble sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu
alternatif dalam pembelajaran agama untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 EDIHARDUS NGGAUR

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License