Preprint / Version 3

PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE

##article.authors##

  • Jonglis Salang

Abstract

Skripsi ini berjudul PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE. Topik ini diangkat berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang terjadi di Kampus Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke bahwa masih rendahnya kecerdasan intrapersonal mahasiswa di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke dalam: kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri, tanggung jawab dan penghargaan diri yang tinggi. Hal ini berpengaruh terhadap rendahnya prestasi belajar mahasiswa. Skripsi ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi sederhana. Sampel dari penelitian ini yaitu sebanyak 68 orang mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke dari semester I-IX dengan teknik sampling acak berstrata. Instrumen pengumpulan data yang digunakan metode kuesioner dalam bentuk skala Likert yang kemudian dikembangkan dalam 62 butir pernyataan tentang kecerdasan intrapersonal sementara data prestasi belajar menggunakan IPK mahasiswa. Hasil dari uji validitas 62 butir instrument, 7 butir instrumen dinyatakan tidak valid dan 55 butir instrumen dinyatakan valid. Sedangkan hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai cronbach’s Alpha sebesar 0,905 yang artinya reliabilitas instrumen adalah tinggi.
Dari uji analisis regresi sederhana dengan taraf signifikansi 0,05 (5%), diperoleh hasil nilai R Square sebesar 0,595 (59,5%) yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Artinya kecerdasan intrapersonal berdampak secara positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Sedangkan hasil penelitian ini juga terdapat variabel lain yang tidak diteliti terhadap prestasi belajar sebesar 40,5%. Hasil ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya kecerdasan intrapersonal berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada mahasiswa agar: memahami tipe kecerdasan yang dimilikinya, mampu memahami diri sendiri berdasarkan potensi atau kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, mampu mengatur dan mengendalikan emosi atau perasaannya, bersikap tanggung jawab terhadap semua aktifitas yang di lakukanya baik itu di luar kampus maupun di dalam lingkungan kampus, dan mampu mengembangkan rasa harga diri yang tinggi sehingga dengan kemampuan yang dimilikinya dapat mendorong mahsiswa untuk semangat dalam meningkatkan prestasi belajar.

Additional Files

Posted

16-01-2023 — Updated on 16-01-2023

Versions

Categories