PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAN KELUARGA BAGI PERKEMBANGANKU, MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI, DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 2 LAMBA LEDA, TAHUN PELAJARAN 2020/202
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Peran
Keluarga Bagi Perkembanganku" melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan siswa kelas 7 SMP Negeri
2 Lamba Leda. Siklus pertama melibatkan penyusunan Modul Ajar kolaboratif,
peningkatan komunikasi guru-siswa, dan penerapan perangsang visual-interaktif.
Observasi dilakukan untuk mendapatkan pemahaman tentang tingkat keterlibatan
siswa. Hasil siklus pertama menunjukkan peningkatan, namun belum mencapai
target keseluruhan. Siklus kedua melibatkan intensifikasi penerapan model
kolaboratif, termasuk penggunaan observer dari rekan sejawat. Hasil siklus kedua
menunjukkan peningkatan signifikan, dengan tingkat ketuntasan mencapai 94,4%.
Observasi memperlihatkan peningkatan partisipasi siswa, respons terhadap metode
baru, motivasi belajar, dan pemahaman materi. Kesimpulannya, model pembelajaran
kolaboratif efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk menjaga
kontinuitas penerapan model ini, meningkatkan evaluasi dan pemantauan terhadap
partisipasi siswa yang kurang aktif, serta melibatkan orang tua dalam mendukung
pembelajaran di rumah. Evaluasi berkelanjutan perlu diterapkan untuk terus
meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Maximus Wanar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License