MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAK DENGAN MATERI AKU PRIBADI YANG UNIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS X IPS3 SMA NEGERI 2 LEMBOR SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan
agama Katolik dan budi pekerti pada kompetensi dasar memahami peran dan fungsi suara hati
sehingga dapat bertindak secara benar dan tepat melalui model pembelajaran Discovery Learning.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 8 orang siswa beragama Katolik
kelas X IPS3 SMA Negeri 2 Lembor Selatan pada tahun pelajaran 2021/2022. Tindakan
dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi, tes
pada masing-masing siklus, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada siklus I terdapat 3 peserta didik ( 37,25 % ) yang telah mencapai ketuntasan
sedangkan masih terdapat 5 orang peserta didik ( 62,75% ) yang belum mencapai ketuntasan.
Oleh sebab itu, penelitian ini dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Hasilnya menunjukkan
bahwa dari 8 orang peserta didik yang mengikuti test pada siklus II semuanya tuntas, atau jika
dipersentasekan adalah (100% ) telah mencapai ketuntasan.
. Dengan demikian penerapan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning
ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 ROFINUS TAU

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License