Preprint / Version 1

Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X A TPHP SMK N I KODI

##article.authors##

  • VICTOR HENDRIK DOWA GHUNU

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X A TPHP SMK N I KODI Kabupaten sumba Barat Daya.Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK N I KODI dengan jumlah siswa 35 orang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model Pembelajaran Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X A TPHP SMK N I KODI Kabupaten sumba Barat Daya. yang terdiri dari tujuh tahap, yaitu: Memotivasi siswa ,Menjelaskan materi, Membagi siswa di kelas dalam kelompok-kelompok kecil, Membagikan LKS, Guru memberi kesempatan pada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya serta menanggapi pertanyaan kelompok lainnya, Merespon diskusi dan mengarahkan siswa membuat kesimpulan, Melakukan evaluasi terkait pembelajaran dan memberikan tugas (pekerjaan rumah) Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X A TPHP SMK N I KODI Kabupaten sumba Barat Daya. Skor penilaian yang dicapai baru 30 dari sekor maksimal 44. Dengan kata lain performance guru dalam pembelajaranbaru mencapai 68 %. Hal ini disebabkan perhatian guru masih lebih banyak pada upaya menjelaskan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dirasakan masih merupakan hal baru bagi siswa.
Pada siklus II skor penilaian/pengamatan mencapai 44 dari sekor maksimal 44 atau mencapai 100 %, mengalami kemajuan sebesar 32 % merupakan sebuah kemajuan yang cukup baik.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X A TPHP SMK N I KODI Kabupaten sumba Barat Daya.. juga meningkatkan aktivitas (kinerja) siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Additional Files

Posted

05-08-2024