Preprint / Version 1

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MATERI KEMAMPUAN DAN KETERBATASANKU PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TANAH MIRING VI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

##article.authors##

  • DOMINIKA URI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model picture and picture terhadap materi kemampuan dan keterbatasanku pada siswa kelas 4 mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) atau classroom action research dengan jenis penelitian partisipan dan pendekatan cooperative learning type picture and picture. Penelitian ini lebih bersifat memecahkan suatu masalah yang hasilnya dideskripsikan secara menyeluruh. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Tanah Miring VI Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi Kemampuan dan Keterbatasanku pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti dengan penerapan model picture and picture mengalami peningkatan, terlihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebelum dilakukan penerapan adalah 53,33 % dengan nilai rata-rata 68 setelah menggunakan penerapan model picture and picture maka ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I meningkat menjadi 66,66 % dengan nilai rata-rata 73 dan pada siklus II mencapai 93,33 % dengan nilai rata-rata 91,33. Maka dengan demikian penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi Kemampuan dan Keterbatasanku di SD Inpres Tanah Miring VI Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke.

Additional Files

Posted

05-08-2024