PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS VIII A MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SMP NEGERI 6 KODI UTARA
Abstract
Sebagaimana diketahui, bentuk kongkrit pendidikan adalah proses belajar mengajar.
Bahkan secara lebih tegas dapat dikatakan bahwa inti pendidikan terletak pada proses belajar
mengajar (Joko Nurkamto, 2004:102). Itulah sebabnya setelah mengadakan analisis yang
komprehensif tentang komponen-komponen penentu, Soedijarto dalam Joko Nurkamto (2004:102)
menyimpulkan bahwa mutu pendidikan sangat ditentukan oleh kualitas proses belajar mengajar dan
karenanya apabila terjadi penurunan mutu pendidikan yang pertama kali harus dikaji adalah
kualitas proses belajar mengajar tersebut.
Proses belajar mengajar tergantung pada tiga unsur: (1) tingkat partisipasi dan jenis
kegiatan belajar yang dihayati siswa, (2) peran guru dalam proses belajar mengajar, dan (3) suasana
proses belajar. Makin intensif partisipasi dalam kegiatan belajar mengajar makin tinggi kualitas
proses belajar itu. Tingkat partisipasi siswa yang tinggi dapat dicapai apabila mereka memiliki
kesempatan untuk secara langsung (1) melakukan berbagai bentuk pengkajian untuk memperoleh
pengetahuan dan pemahaman, (2) berlatih berbagai keterampilan kognitif, personal-sosial, dan
psikomotorik, baik yang berbentuk sebagai efek langsung pengajaran maupun sebagai dampak
pengiring pelaksanaan sebagai efek langsung pengajaran maupun sebagai dampak pengiring
pelaksanaan berbagai kegiatan belajar, dan (3) menghayati berbagai peristiwa sarat nilai baik secara
pasif dalam bentuk pengamatan dan pengkajian maupun secara aktif keterlibatan
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 LUSIA LOTA RANGGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License