UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISKUSI PADA MATERI TENTANG PERAN TEMAN TERHADAP PERKEMBANGANKU PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 NANGARORO SATAP KABUPATEN NAGEKEO
Abstract
tidak mencapai KKM. Rumusan permasalahan penelitian adalah apakah metode pembelajaran diskusi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Nangaroro Satap pada pembelajaran Pendidikan
Agama Katolik dan Budi Pekerti. Adapun tujuan kegiatan PTK ini dengan metode diskusi untuk
mengetahui hasil belajar siswa dengan metode diskusi pada materi peran teman bagi perkembanganku.
Hasil dari PTK yang berlangsung sebanyak 2 siklus penelitian, yaitu siklus 1 ( metode diskusi ) ( dan siklus
II metode diskusi ). Siklus 1 dengan metode diskusi, pembelajaran terlihat efektif karena siswa nampak
semangat,, tetapi masih ada sebagian siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta hasil belajar siswa
sebagian besar masih dibawah KKM. Sedangkan, siklus II dengan menggunakan metode diskusi
pembelajaran terlihat sangat efektif karena siswa Nampak sangat bersemangat dan aktif dalam proses
pembelajaran seperti, diskusi kelompok dan Tanya jawab serta hasil belajar siswa yang maksimal. Hasil
dari PTK yang berlangsung selama dua siklus penelitian, yaitu siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan
bahwa :
1. Selama berlangsungnya PTK, upaya penerapan metode diskusi dapat dikelola dengan baik
2. Kegiatan pembelajaran dengan metode diskusi ternyata cukup efektif dalam meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran agama katolik dan budi pekerti.
3. Metode diskusi cukup efektif untuk menyampaikan materi peran teman bagi perkembanganku pada
pelajaran PAK.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 FIRMINA ETHA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License