Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kupang, Dengan Mengunakan Metode Naratif Eksperiensial Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Dan Budi Pekerti Pada Materi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Perumpamaan
Abstract
Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa
Kelas VIII UPTD SMP Negeri 17 Kupang dalam mata pelajaran Agama Katolik, materi
Yesus mewartakan Kerajaan Allah melalui perumpamaan , dengan menggunakan metode
naratif eksperiensial. Subjek dari kajian ini adalah siswa Katolik yang terdiri dari 15 siswi
dan 15 siswa. Objeknya adalah minat belajar siswa. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa
ada peningkatan signifikan dalam minat belajar siswa dalam mata pelajaran Agama Katolik,
materi pelajaran Yesus mewartakan kerejaan Allah melalui perumumpamaan , dengan
menggunakan metode naratif eksperiensial. Hal ini dilihat dari presentasi peningkatan minat
belajar siswa dari 79% pada Siklus1 yang menjadi 89% pada siklus II. Ditunjang lagi
dengan peningkatan hasil belajar siswa dari 50% pada siklus I yang meningkat menjadi
100% pada siklus II
References
Djamah,Drs.,SyaifulBahri,M.Ag,Drs.AswanZain, StrategiBelajarMengajar,Cetakankelima.
Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Jogjakarta: Penerbit Laksana, 2012. Kemendikbud, Dokumen Kurikulum
, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, Jakarta: Puslitbang-Puskurbuk, 2013
Drs. Syaiful Bahri Djamah, M.Ag, Drs. Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Cet. ke-5,
(Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014), hal.1
Drs. H. Makmun Khairani, M.Pd. Psikolog, Psikologi Belajar, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo,
, hal.4
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Silfester O. R Hipir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License