Preprint / Version 1

MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI MELALUI BIMBINGAN DAN MOTIVASI BELAJAR PADA KELAS III SDN 004 BATANGURU

##article.authors##

  • STEPANUS

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Pakat Melalui Metode Problem Based
Learning Tema Saya Tumbuh dan Berkembang Kelas III SDN 004 Batanguru.
Salah satu persoalan yang tidak terlepas dari dunia pendidikan adalah rendahnya hasil
belajar peserta didik. Secara khusus Pelajaran PAKat, rendahnya hasil belajar adalah cara
pandang peserta didik yang menganggap remeh pembelajaran PAKat dan lebih mementingkan
mata pelajaran lainnya. Masalah ini kemudian diperparah dengan lemahnya mutu
pembelajaran. Masalah-masalah ini akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah.
Karena itu, proses pembelajaran menjadi salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan sebaikbaiknya agar pembelajaran di sekolah sungguh-sungguh bermanfaat untuk kepentingan peserta
didik.
Melihat kenyataan ini perlu diadakan penelitian agar dapat dilihat penyebab utama
mengapa terjadi hal seperti itu dan dapat diberikan solusi yang terbaik demi tercapainya hasil
pembelajaran yang baik dan menarik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di
SDN 004 Batanguru. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
karakter peserta didik pada umumnya dan bagaimana caranya memperbaiki sehingga hasil
belajar PAKat peserta didik dapat meningkat.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata dengan memberikan bimbingan dan
motivasi belajar dalam pembelajaran PAKat khususnya tema Saya Tumbuh dan Berkembang,
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Data ini dibuktikan dari adanya peningkatan
hasil belajar peserta didik dari siklus pertama, kedua dan ketiga. Aplikasi penelitian ini
diharapkan dapat diterapkan baik oleh diri sendiri maupun oleh teman sejawat apabila
mempunyai permasalahan yang sama yaitu kurangnya hasil belajajar peserta didik dalam
mengikuti pembelajaran yang kita berikan.

Additional Files

Posted

06-08-2024