UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DI KELAS VIII A SMP NEGERI 2 MERAUKE
Abstract
Fransiskus. P.H. 2022. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui
Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Di
Kelas VIII A SMP Negeri 2 Merauke”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Keagamaan Katolik, STK Santo Yakobus Merake. Pembimbing: Rosmayasinta
Makasau, S.Pd., M.Hum.
Berdasarkan pengamatan awal di kelas VIII A SMP Negeri 2 Merauke pada
pembelajaran PAK pada bulan Maret 2022 hingga Mei 2022 bersama dengan kolaborator
(guru mata pelajaran PAK kelas VIII), diperoleh hasil bahwa banyaknya muatan materi
pada pembelajaran PAK yang membuat siswa mudah lupa dan juga penggunaan metode
ceramah serta diskusi yang digunakan oleh guru membuat pembelajaran menjadi
monoton sehingga hasil belajar kognitif siswa rendah 66,7%, sehingga mendapatkan nilai
di bawah kategori KKM yaitu 75.
Rumusan masalah penelitian ini adalah, “apakah metode Mind Mapping dapat
meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran PAK di kelas VIII A SMP
Negeri 2 Merauke?, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif
siswa dengan menerapkan metode Mind Mapping di kelas VIII A SMP Negeri 2
Merauke.
Jenis penelitian skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat pertemuan.
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Merauke. Subjek penelitian ini (populasi) adalah
siswa Katolik kelas VIII SMP Negeri 2 Merauke sebanyak 95 orang siswa dan sampelnya
adalah 15 siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis
data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru
meningkat dari 16% siklus I menjadi 25% pada siklus II yang tergolong kategori baik dan
juga hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 66,7% atau 10 siswa yang tidak
tuntas belajarnya dan siklus II meningkat mencapai 86,7% (≥75%) atau 13 orang siswa
yang tuntas belajarnya sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Mind Mapping dapat meningkatkan
hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran PAK. Saran penelitian ini adalah guru
harus lebih berinovasi dalam menyajikan metode pembelajaran, khususnya metode Mind
Mapping yang tepat dan kreatif serta kontekstual untuk dapat meningkatkan hasil belajar
kognitif siswa
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2023 Fransiskus Herdiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License