PERAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD YPPK SANTO TARSISIUS BIANKUK-MERAUKE
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peran Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Upaya Peningkatan Kualitas PembelajaranDi SDYPPKSanto Tarsisius Biankuk-Merauke.”Penelitian ini merupakan sebuah Penelitian yang mendeskripsikan bagaimana peran sorang pendidik atau pengajar dalam tugas dan tanggung jawabnya di sekolah saat belajar mengajar di dalam kelas bersama peserta didik.
Pokok permasalahan yang diangkat ialah (a) Bagaimana kualifikasi akademik yang dimiliki oleh para guru yang bertugas di SD YPPK Santo Tarsisius Biankuk- Merauke? (b) Bagaimana kesadaran dan kedisiplinan para guru SD YPPK Santo Biankuk-Merauke dalam melaksanakan tugas utamanya di sekolah? dan (c) Faktor-faktor apa yang menyebabkan tidak maksimalnya pengembangan kompetensi profesionalisme para guru yang mengajar di SD YPPK Santo Tarsisius Biankuk-Merauke? Sedangkan tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan memahami sejauh mana peran para guru dan faktor-faktor yang menyebabkan tidak maksimal pengembangan kompetensi profesionalisme para guru di SD YPPK Santo Tarsisius Biankuk Merauke. Penulis menggunakan metode Penelitian deskriprif kualitatif yakni dengan melihat situasi yang terjadi di lapangan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peran para guru dalam proses belajar mengajardengan keempat kompetensi ini masih kurang, ada guru yang melaksanakan sesuiprofesi yang di miliki dengan berbagai keterampilan dan ada yang belum memenuhi syarat dan standar kompetensinya. Keterampilan para guru kurang lancer karena berbagai f aktor yang dating dari para guru, maka ini sangat mempengaruhi peserta didik dalam belajar sehingga proses penerapan ilmu pada peserta didik akan sangat menurun. Semua faktor tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama yakni dengan kelancaran komunikasi antara sesama pendidik di sekolah.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2023 Firla Firlania Miyak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License