PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE
Abstract
Skripsi ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui adanya pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar. 2) mengetahui besarnya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap motivasi belajar dan 3) meningkatkan efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke sebanyak 60 orang. Instrument yang digunakan ialah angket dengan bentuk skala sikap deferensial semantic dengan jumlah butir instrument penelitian variabel media audio visual sebanyak 30 soal dan motivasi belajar sebanyak 30 soal. Dari hasil validitas dengan taraf signifikansi 0,05 dengan N 60 orang dengan nilai kritis 0,22 pada variabel media audio visual diperoleh sebanyak 29 item valid dan pada variable motivasi belajar diperoleh 27 item valid. Sedangkan dari hasil uji realibilitas untuk variabel X diperoleh koefisien Alfa sebesar 0,829 yang berarti dalam penelitian ini reliable atau dapat dipercaya dan untuk variabel Y diperoleh koefisien Alfa sebesar 0,740 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrument dalam variabel Y yakni motivasi belajar dalam penelitian ini reliable atau dapat dipercaya.
Dari hasil penelitian dan analisis data nilai Fhitung pada tabel anova, diperoleh signifikasi sebesar 0,000 yang berarti 0,000<0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa STK St. Yakobus Merauke. Besarnya pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar diketahui berdasarkan pada tabel model summary diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,512.Dapat disimpulkan bahwa variabel bebas berpengaruh sebesar 51,2% terhadap variabel terikat. Dan cara meningkatkan efektivitas penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, mengenal keunggulan dan kelemahan media/Mengenal gaya belajar, menentukan pilihan materi, menyiapkan skenario tayangan, dan menyiapkan lembar tugas
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu peningkatan efektifitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran di kampus maupun di luar kampus, pihak lembaga menambah penyediaan media audio visual agar para mahasiswa pun dapat menggunakannya untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam setiap proses pembelajaran.
Additional Files
Posted
Categories
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License