PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA SISWA KELAS V SD YPPK DON BOSCHO BUDHI MULIA MERAUKE
Abstract
Skripsi ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Pada Siswa Kelas V SD YPPK Don Boscho Budhi Mulia Merauke. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, 2) mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, 3) mengetahui upaya apa yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswi SD YPPK Don Boscho Budhi Mulia kelas V Merauke, sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan ialah angket dengan bentuk skala Likert dengan jumlah butir instrumen penelitian variabel penggunaan media pembelajaran sebanyak 25 soal sedangkan variabel motivasi belajar sebanyak 35 soal. Dari hasil validitas dengan nilai R hitng yang deperoleh taraf signifikansi sebesar 0,25, dengan N 60 orang pada variabel penggunaan media pembelajaran diperoleh sebanyak 25 item valid dan motivasi belajar yang di peroleh 34 item yang valid. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas variabel X diperoleh Alfa Cronbach sebesar 0,675 yang berarti dalam penelitian ini reliabel atau dapat di percaya dan untuk variabel Y diperoleh Cronbach sebesar 0,875 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrumen dalam variabel Y yakni motivasi belajar dalam penelitian ini reliabel atau dapat dipercaya.
Hasil analisis data pada nilai Fhitung pada tabel anova, diperoleh signifikan hasil sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifkan 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa diketahui besaran pada tabel summarry diperoleh nilai koefisien sebesar 0,962. Dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (penggunaan media pembelajaran) berpengaruh sebesar 96,2% terhadap variabel terikat (motivasi belajar siswa), artinya penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu meningkatkan efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah, pihak lembaga menambah penyediaan media pembelajaran agar para guru dan para siswa dapat menggunakannya untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam setiap proses pembelajaran.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2023 Yohanes Werong

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License