MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA MATERI TERLIBAT DALAM HIDUP MENGGEREJA DENGAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PADA SISWA KELAS IV SD YPPK ST MIKAEL KWEEL DISTRIK ELIGOBEL KABUPATEN MERAUKE
Abstract
Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya siswa. Pendidikan Agama Katolik sebagai bagian dari kurikulum pendidikan memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas iman, moral dan ketakwaan peserta didik. Untuk itu hasil belajarnya pun harus ditingkatkan salah satunya dengan perbaikan metode pembelajaran yang inovatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain mengadopsi dari Stephen Kemmis dan MC Tanggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD YPPK St. Mikael Kweel Distrik Eligobel Kabupaten Merauke berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan selama kurang lebih 2 bulan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif sebagai ukuran keberhasilan proses perbaikan pembelajaran. Penerapan metode simulasi melalui 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksaan pelaksanaan tindakan simulasi, dan tahap penutup/evaluasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode simulasi siswa yang berpartisipasi aktif maupun siswa sebagai pengamat aktif mampu mengembangkan imajinasi, membentuk kekompakan kelompok, siswa tidak malu dan ragu untuk mengembangkan potensi. Hal tersebut secara efektif dapat m meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan kualitas pada ranah kognitif dari skor tes sebelum tindakan (pre tes) sebesar 65,68 meningkat menjadi 70,13 pada siklus I. Kemudian pada siklus II skor hasil belajar kognitif tersebut meningkat lagi menjadi 70,46. Sedangkan skor pada ranah afektif dari siklus I 67 meningkat menjadi 77 pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru selalu mengevaluasi metode pembelajaran yang digunakan dan menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan metode pembelajaran simulasi yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2023 Herlina Katkirik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License