PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME MAHASISWA PPL SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE
Abstract
Aplonia Anita Lenes 1802040, Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Kompetensi Profesionalisme Mahasiswa PPL Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Skripsi Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke.
Penelitian ini berjudul Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Kompetensi Profesionalisme Mahasiswa PPL Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui adanya pengaruh membaca terhadap kompetensi profesionalisme mahasiswa PPL. 2) mengetahui seberapa besar pengaruh literasi membaca terhadap kompetensi profesionalisme mahasiswa PPL. 3) mengetahui upaya apa yang dapat dilakukan dalam meningkatkan literasi membaca. Sebagai calon pendidik tentunya kompetensi profesional menjadi salah satu kompetensi yang dibutuhkan. Membaca merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan agar seorang calon pendidik, profesional terhadap bidang yang digeluti.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke yang telah melaksanakan dan yang sementara melaksanakan PPL 1 dan PPL 2 yaitu semester 5, 7 dan 9 sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan ialah kuisioner dengan bentuk skala likert dengan jumlah butir instrumen penelitian 60 pernyataan untuk setiap variabel.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa Literasi Membaca mahasiswa PPL di Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke adalah baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Literasi Membaca 7% menunjukkan kegiatan membaca yang cukup baik, 37% baik dan 57% sangat baik. Kompetensi Profesionalisme mahasiswa PPL Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke adalah baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kompetensi profesionalisme 3% adalah cukup baik, 28% baik dan 68% sangat baik. Berdasarkan uji regresi linear sederhana didapatkan data bahwa Literasi membaca berpengaruh terhadap kompetensi profesionalisme mahasiswa PPL dalam proses pembelajaran yaitu sebesar 52,1% dan 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian ini disaran agar Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke semakin meningkatkan kegiatan literasi membaca baik itu melalui berbagai lomba yang diadakan berkaitan dengan membaca serta dosen sebagai pusat sentral dapat memberikan tugas yang lebih banyak berkaiatan dengan buku, sehingga dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya membaca serta menghasilkan calon-calon guru yang profesional.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2023 Apolonia Anita Lenes

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License