PENTINGNYA PENDIDIKAN LITURGI UNTUK MENGHAYATI SIMBOL-SIMBOL DALAM PERAYAAN EKARISTI BAGI ORANG MUDA KATOLIK DI PAROKI SANTA THERESIA BUTI
Abstract
Tantangan gereja dalam dunia dewasa ini sangatlah kompleks. Ada banyak persoalan yang menjadi perhatian bersama. Salah satu dari sekian diskusi dalam gereja adalah persoalan kaum muda. Kaum muda katolik (OMK) terkadang menjadi sorotan, tidak saja karena berbagai prestasi gemilang yang ditorehkan dalam kehidupan mereka tetapi juga berkaitan dengan kecemasan yang mereka hadapi. Keberadaan kaum muda menjadi strategis dan penting karena perkembangan gereja ke depan sangat ditentukan oleh bagaimana kondisi kaum muda Katolik saat ini. Mereka menjadi tonggak sejarah gereja di masa yang akan datang. Kaum muda menjadi mitra utama gereja untuk mencapai kesempurnaan. Singkatnya, dalam diri kaum muda, harapan gereja terpatri.
Cita-cita bersama itu terkadang tidak sejalan dengan mentalitas kaum muda. Pemahaman dan penghayatan iman terkadang diabaikan. Simbol-simbol dalam litugri gereja terkadang tidak dipandang sebagai sesuatu yang sakral, sehingga sebagian besar kaum muda tidak mencapai sebuah kematangan iman yang lebih baik
Penelitian ini secara khusus mencermati pemahaman dan penghayatan OMK Paroki Santa Theresia Buti tentang simbol-simbo liturgi dalam perayaan Ekaristi. Untuk mendapatkan hasil penelitian, penulis memuali melakukan observasi dan penyebaran angket pada bulan November sampai Desember 2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan penghayatan OMK Paroki Santa Theresia Buti tentang makna simbol-simbol dalam perayaan Ekaristi masih sangat lemah. Hal ini disebabkan beberapa faktor. Yang paling mendasar adalah faktor internal dari OMK sendiri, yakni ketidakaktifan dalam kegiatan menggereja dan kegiatan rohani lainnya. Di samping itu faktor eksternal; kurangnya kegiatan pembekalan bagi OMK dalam bidang liturgi dan Katekese.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2023 Apolinaris Naki Amkai

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License