Preprint / Version 1

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AGAMA KATOLIK (PAK) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I MUTING DISTIK MUTING KABUPATEN MERAUKE

##article.authors##

  • Maria Magdalena Ano

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada keyakinan peneliti secara teoritis bahwa pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa atau dari ketiga aspek penilaian yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Berdasarkan latar belakang keyakinan teoritis inilah, peneliti mengambil judul skripsi tentang “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Agama Katolik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muting, Distrik Muting Kabupaten Merauke”.
Terkait keyakinan secara teoritis di atas, masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muting? 2) Bagaimana prosedur/penerapan model pembelajaran inkuiri dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik PAK) bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muting?
Model pembelajaran Inkuiri merupakan salah satu bentuk pendekatan Pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered approach). Model Pembelajaran Inkuiri merupakan salah satu strategi pembelajaran yang pada prinsipnya semua proses belajar mengajar dilakukan oleh siswa, dan guru sebagai motivator, dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Model pembelajaran inkuiri dilakukan secara mandiri dan kelompok atau bersama-sama, sesuai prosedur kerja diberikan kebebasan kepada siswa untuk berkreasi, trampilan dan bertanggungjawab atas materi pelajaran secara logis, membangun kecakapan dalam berpikir secara kritis, karena siswa mengalami sendiri secara langsung proses belajar mengajar shingga dapat memehami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muting yang berjumlah 20 siswa. PTK dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, pada bulan November 2018. Hasil PTK menunjukkan bahwa setelah penerapan pembelajaran inkuiri, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil tersebut tampak dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam KD 1 Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II secara berurutan adalah sebagai berikut: 56,75, 69,7 dan 83,65. Sementara itu, presentase siswa yang mencapai nilai KKM untuk ketiga periode tersebut adalah sebagai berikut: 35%, 45% dan 100%.
Berdasarkan data-data tersebut diatas dan hasil kajian secara teoritis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik (PAK) bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muting. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik maupun bidang studi lainnya secara dinamis, disesuaikan dengan karakteristik siswa, materi yang diajarkan dan kondisi sekolah.

Additional Files

Posted

14-03-2023

Categories