Preprint / Version 1

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SD YPPK BUDHI MULIA MERAUKE

##article.authors##

  • Nofita Lafina

Abstract

Skripsi ini berjudul PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SD YPPK BUDHI MULIA MERAUKE. Topik ini dinspirasi oleh situasi dan kondisi yang dialami oleh para siswa/siswi kelas V di SD YPPK Budhi Mulia Merauke. Penulis mengamati bahwa para siswa/siswi cenderung tidak bersemangat mengikuti proses pembelajaran, cenderung bersikap acuh, tidak menaruh perhatian saat guru sedang menjelaskan materi pembelajaran, ada pula siswa yang kerjanya hanya mengganggu temannya saat proses belajar sedang berlangsung dan juga kurang aktif dalam proses tanya-jawab di kelas. Maka dari itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan gadget itu berpengaruh terhadap perilaku belajar siswa/siswi kelas V SD YPPK Budhi Mulia Merauke, serta untuk mengetahui apakah siswa/siswi kelas V SD YPPK Budhi Mulia Merauke bisa membagi waktu atau tidak dalam mengunakan gadget dan belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi, populasi sekaligus sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD YPPK Budhi Mulia Merauke sebanyak 68 orang. Instrumen yang digunakan ialah angket dalam 30 pernyataan mengenai penggunaan gadget dan 40 pernyataan mengenai perilaku belajar. Dari hasil uji validitas pada taraf signifikan 5%, N = 68 orang dengan nilai kritis sebesar 0,235 diperoleh sebanyak 57 item yang valid. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas penggunaan gadget diperoleh koefisian alpha sebesar 0,624 dan dari perilaku belajar sebesar 0,828. Dari hasil uji regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai r² sebesar 0,355 atau 35,5%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel penggunaan gadget dapat mempengaruhi perilaku belajar siswa secara signifikan sebesar 35,5% sementara perilaku belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti sebesar 64,5%. Nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel bebas (penggunaan gadget) terhadap variabel terikat (perilaku belajar siswa), oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa penggunaan gadget bagi para siswa harus lebih diperhatikan dan diawasi oleh setiap orang tua, agar anak dapat menggunakan gadget lebih bijak dan bisa mengatur waktu antara menggunakan gadget dan belajar. Berdasarkan tabel korelasi diketahui nilai korelasi antara dua variabel sebesar -0,596 yang berarti ada hubungan yang kuat dan negatif antara variabel bebas dan terikat. Hal ini berarti semakin tinggi penggunaan gadget, maka akan rendah perilaku belajar siswa dan sebaliknya semakin rendah penggunaan gadget maka akan semakin tinggi perilaku belajar siswa.

Additional Files

Posted

13-01-2023

Categories