Preprint / Version 1

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI MEDIA GAMBAR PADA MATERI BERIMAN BERARTI BERJUANG MELAWAN GODAAN PADA SISWA KELAS II SD YPPK SANTA MARIA FATIMA KELAPA LIMA

##article.authors##

  • admin admin Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke

Keywords:

Media gambar, Meningkatkan hasil belajar, Pendidikan Agama Katolik

Abstract

Skripsi ini berjudul “Meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Katolik melalui materi beriman berarti berjuang melawan godaan dengan media gambar pada siswa kelas II SD YPPK Santa Maria Fatima Kelapa Lima 2023”. Peneliti mengambil topik penelitian ini berdasarkan keprihatinan bahwa selama ini prestasi belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik cenderung stagnan bahkan mengalami penurunan. Penulis berasumsi bahwa hal ini diakibatkan metode pembelajaran yang cenderung monoton yaitu dengan metode ceramah dan tanya jawab. Oleh karena itu peneliti menggunakan media gambar sebagai alternatif solusi untuk mengatasi hasil belajar siswa yang rendah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus mencakup 1 kompetensi dasar (KD) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) kali pertemuan dengan durasi masing-masing pertemuan 3x35 menit. Peneliti memilih SD YPPK Santa Maria Fatima Kelapa Lima karena peneliti mengajar di sekolah ini dan melihat masalah-masalah yang terjadi di lapangan. Peneliti menentukan siswa-siswi kelas II sebagai subjek penelitian karena siswa-siswi kelas II ini berdasarkan hasil observasi memiliki masalah proses pembelajaran yang paling dominan dibandingkan dengan kelas lainnya. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, soal pre tes dan post tes serta lembar kerja siswa (LKS). Observasi dilakukan oleh Ibu Fransiska Regina Yanine S.Pd. peneliti yaitu guru kelas II (wali kelas) selama peneliti melaksanakan tindakan kelas . Soal pre tes diberikan di awal dan akhir proses  ptk masing-masing siklus dan soal post tes diberikan di akhir siklus. Hal ini berguna untuk mengukur tingkat keberhasilan tindakan melalui indikator pencapaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam KD 1 menunjukkan peningkatan. Pada periode pra-siklus, nilai rata-rata kelas untuk kompetensi dasar 1 (KD 1) adalah 65. Nilai rata-rata kelas tersebut mengalami peningkatan setelah penerapan tindakan dalam siklus I dan siklus II, yakni masing-masing menjadi 69 dan 70. Persentase siswa yang tuntas atau mencapai KKM  untuk Kompetensi Dasar 70 juga menunjukkan peningkatan. Pada periode Pra-Siklus, persentase siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM adalah 12  % sedangkan pada periode Siklus           I dan Siklus II persentase tersebut meningkat menjadi masing-masing 14 Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD YPPK Santa Maria Fatima Kelapa Lima.

Additional Files

Posted

17-04-2024

Categories