PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA SISWA KELAS V SD YPPK ST THERESIA BUTI
Keywords:
Media Belajar, Hasil Belajar Kognitif siswa SD St. Theresia ButiAbstract
Skripsi ini berjudul Pengaruh Media Belajar Terhadap Hasil Belajar PAK pada siswa SD, V SD YPPK St. Theresia Buti. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Bagaimana pengaruh media belajar terhadap siswa SD V St. Theresia Buti, 2) Bagaimana pengaruh hasil belajar terhadap siswa SD V St. Theresia Buti, 3) Apakah ada perbedaan hasil belajar terhadap siswa SD St. Theresia Buti, ditinjau dari fasilitas yang dimiliki. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa siswi SD St. Theresia Buti V sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan bentuk skala Likert dengan jumlah butir instrumen penelitian variabel fasilitas belajar sebanyak 32 instrumen sedangkan variabel hasil belajar dapat diukur dengan mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil validitas dengan nilai R hitung yang diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,000b dengan N 32 orang pada variabel fasilitas belajar dan semuanya diketahui valid dan hasil belajar dapat diketahui berdasarkan hasil belajar siswa dan dikatakan valid. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas variabel X diperoleh Alfa Cronbach sebesar 904 yang berarti dalam penelitian ini reliabel atau dapat dipercaya dan untuk variabel Y diperoleh Cronbach sebesar 57,024 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa butir-butir instrumen dalam variabel Y yakni hasil belajar dalam penelitian ini reliabel atau dapat dipercaya. Berdasarkan hasil pengujian analisis data yang diperoleh bahwa nilai Fhitung dari tabel anova sebesar 120,514 dengan memiliki df2 sebesar30. sSedangkan tabel anova yang diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel bebas (penggunaan media pembelajaran) terhadap variabel terikat (hasil belajar siswa). Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak, ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah diperoleh diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat pengaruh secara signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Besaran pengaruh variabel x terhadap variabel y dapat diperoleh dari tabel summary untuk nilai koefisien sebesar 0,801, artinya bahwa ada pengaruh terhadap variabel bebas sebesar 80% terhadap variabel terikat, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti sebesar 20 %.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 YELINDA DJAMJIK DJAMJIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License