Preprint / Version 1

PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA SEKOLAH TINGGI KATOLIK SANTO YAKOBUS MERAUKE

##article.authors##

  • SELPESINA KORISEN Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke

Keywords:

Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, STK St. Yakobus Merauke, Prasarana Pendidikan, Sarana Pendidikan

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari fasilitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa dan seberapa besar pengaruh yang dimiliki tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model analisis regresi. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke semester 2, 4, 6, 8 sebanyak 136 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan bentuk skala Likert dengan jumlah butir instrumen penelitian variabel fasilitas belajar sebanyak 30 instrumen sedangkan variabel hasil belajar dapat diukur dengan mengetahui hasil IPK mahasiswa. Dari hasil validitas dengan nilai R hitung yang diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,24 dengan N 60 orang pada variabel fasilitas belajar dan semuanya diketahui valid. Hasil belajar menggunakan data berdasarkan IPK mahasiswa yang telah melalui tahapan validitas konstruk dan isi. Sedangkan dari hasil uji reliabilitas variabel X diperoleh Alfa Cronbach’s sebesar 0,990 yang berarti dalam penelitian ini reliabel atau dapat dipercaya. Hasil analisis data pada nilai Fhitung pada tabel anova, diperoleh nilai signifikansi  sebesar 0,024 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa diketahui besaran pada tabel summary diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,517. Dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (fasilitas belajar) berpengaruh sebesar 51,7 % terhadap variabel terikat (hasil belajar), artinya fasilitas belajar berpengaruh signifikan pada hasil belajar mahasiswa sementara 48,3 % hasil belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas belajar di kampus, selain itu penggunaan fasilitas belajar yang ada secara optimal dan tepat guna oleh mahasiswa perlu ditingkatkan. Para dosen atau tenaga pendidik juga perlu memanfaatkan fasilitas belajar dalam setiap proses pembelajaran sehingga hasil belajar mahasiswa dapat meningkat.

Additional Files

Posted

18-04-2024

Categories