STUDI TENTANG KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN PENDIDIKAN ANAK SMP DI STASI BUNDA HATI KUDUS JATI-JATI PAROKI SANG PENEBUS KAMPUNG BARU
Keywords:
Sosial-ekonomi, pendidikan, Pelajar SMPAbstract
Penelitian dengan judul “Studi tentang Kondisi Sosial dan Ekonomi Pendidikan Anak SMP di Stasi Bunda Hati Kudus Jati-jati Kampung Baru”. Proses penggolongan data penulisan selanjutnya dimulai dari bulan Oktober 2017. Data-data berhubungan dengan masalah sosial dan ekonomi diperoleh melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi dengan responden maupun informan sebagai pemberi informasi berdasarkan apa yang mereka rasakan dan alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyebab utama sehingga sebagian anak SMP di Stasi jati-jati tidak aktif sekolah. Selain itu penulis juga mendeskripsikan tingkat ekonomi orang tua dari anak yang tidak aktif sekolah, serta menemukan upaya-upaya yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Dari sudut pandang anak SMP dan orang tua mereka bahwa masalah ekonomi sangat mendukung pendidikan mereka. Selain masalah ekonomi, masalah sosial juga mempengaruhi pendidikan anak SMP di Stasi Bunda hati Kudus Jati-jati, terkait perhatian lingkungan sekitar dalam memberikan motivasi dan teguran. Hal ini dibenarkan dengan jawaban informan dalam wawancara yang mengatakan bahwa masyarakat sekitar dan orang tua sendiri tidak mendukung anak-anak mereka. Jumlah responden untuk angket adalah 40 responden (anak dan orang tua), serta 2 informan dalam wawancara. Berdasarkan analisa data hasil penelitian dapat diketahui bahwa masalah sosial dan ekonomi memiliki andil tersendiri serta menjadi motivasi dalam pendidikan anak SMP di Stasi Jati-jati Paroki Sang Penebus sebesar 95% dengan kata lain 5% anak SMP memiliki ekonomi yang baik.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Agusta Somar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License