PEMAHAMAN ORANG TUA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ANAK DI SD YPPK HATI KUDUS KELAPA LIMA MERAUKE TAHUN AJARAN 2016/2017
Keywords:
Pemahaman tentang pendidikan, Orang TuaAbstract
Pendidikan berperan penting dalam kehidupan suatu bangsa dan negara. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spriritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pemahaman orang tua terhadap konsep pendidikan merupakan hal yang amat penting yang harus diketahui. Oleh karena itu, keluarga merupakan tempat pembentukan utama dan pertama terhadap anak yang dididik dan dibimbing. Orang tua turut berperan aktif atau melibatkan diri dalam proses pendidikan anak. Orang tua seharusnya tahu bagaimana perkembangan anaknya baik mengenai sikap dan perilaku maupun kemampuan intelektual.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan dari penelitian dapat diketahui bahwa dari keseluruhan orang tua murid dari SD YPPK Hati Kudus Kelapa Lima, peneliti fokuskan pada 10 orang tua murid yang menjadi informan untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut susungguhnya orang tua paham akan pendidikan itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar orang tua lebih memahami akan tugas dan tanggungjawabnya terhadap pendidikan anak dan berusaha untuk terlibat aktif dalam pertemuan maupun kegiatan yang diadakan oleh sekolah. Kepada pihak sekolah SD YPPK Hati Kudus Kelapa Lima Merauke disarankan agar dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada orang tua tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak.
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 Familiana Ngole To

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License